Jumat, 21 Oktober 2016

Mengenal Fitur Factory Reset Protection (FRP) Pada Android

Mengenal Fitur Factory Reset Protection (FRP) Pada Android - Apakah sobat pernah mendengar istilah "FRP"? FRP merupakan kependekkan dari Factory Reset Protection yaitu sebuah fitur baru yang digunakan untuk melindungi keamanan sebuah perangkat android. Fitur keamanan ini memungkinkan untuk menyiapkan perangkat android agar dapat mencegah pengguna yang tidak sah mengakses atau menggunakannya. 
Android

Misalkan, jika perangkat android sobat hilang ataupun dicuri dan sobat mengaktifkan fitur FRP ini, maka orang yang mengakses perangkat android sobat hanya akan dapat memperoleh kembali akses apabila masuk menggunakan Akun Google yang terdaftar terakhir.

Fitur FRP ini mulai diterapkan pada sistem operasi android versi Lollipop ke atas, jika pada versi android kitkat kebawah, ketika handphone android kita terkunci akibat kita terlalu banyak melakukan kesalahan pada saat membuka lockscreen, maka kita cukup melakukan reset data handphone android tersebut ke pengaturan pabrik, setelah itu kondisi handphone pun sudah kembali seperti baru.

Kuy Baca Juga : Karena Sering Meledak, Sebuah Perusahaan Jasa Pengiriman Ketakutan saat Diminta Mengirimkan Galaxy Note 7

Namun pada versi android Lollipop dan seterusnya, ketika ponsel sobat terkunci dan sobat melakukan reset handphone ke pengaturan pabrik, maka handphone android sobat tidak bisa terbuka begitu saja, karena pada versi ini sudah dilengkapi dengan fitur FRP. Setelah sobat melakukan reset handphone, sobat akan diminta untuk mengisi sebuah form untuk masuk menggunakan akun google terkahir yang digunakan pada ponsel tersebut. 
Gambar Factory Reset Protection (FRP) Pada Android

Pada gambar diatas terlihat sebuah form yang mengharuskan sobat untuk login akun google yang terakhir kali digunakan pada ponsel tersebut. sobat diharuskan mengisi alamat email beserta password, setelah akun google berhasil login maka handphone android sobat pun dapat digunakan kembali seperti semula.

Sebenarnya fitur Factory Reset Protection (FRP) Pada Android ini mirip dengan fitur find my Iphone atau iCloud Activation Lock. Fitur FRP ini memang sama fungsinya dengan fitur iCloud pada iphone. Tentu saja dengan hadirnya fitur FRP ini akan membuat pengguna android merasa lebih aman karena akses ke ponsel kesayangan mereka sangat dibatasi untuk pengguna-pengguna yang tidak sah.

Namun apabila sobat mereset perangkat android sobat melalui menu pengaturan, fitur Factory Reset Protection ini tidak akan aktif, karena sebelumnya sobat akan diminta untuk memasukkan passcode atau kunci layar (lockscreen) android sobat.

Lalu bagaimana mencegah agar hp Android kita nantinya tidak mengalami masalah Factory Reset Protection (FRP)? Mudah saja, syaratnya sobat tidak perlu mengaktifkan fitur kunci layar (lockscreen) pada Android sobat dan juga hapus semua akun Google di Android sobat sebelum melakukan proses wipe atau factory reset. 

Namun seandainya hp Android sobat sudah terlanjur mengalami Factory Reset Protection (FRP), maka solusinya cukup mudah yakni kamu hanya perlu masuk atau Login menggunakan akun Google yang aktif di hp tersebut.


Disqus Comments