Senin, 31 Oktober 2016

5 Cara Ampuh Melegakan Memori Internal Smartphone Android Yang Penuh

5 Cara Ampuh Melegakan Memori Internal Smartphone Android Yang Penuh – Zaman sekarang tentunya hampir terasa mustahil apabila kita merasa cukup dengan ruang penyimpanan sebesar 8GB. Hal ini bukan tanpa alasan, karena semakin hari kian banyak aplikasi-aplikasi yang menarik perhatian kita untuk memasangnya pada smartphone.
wak-droid 5 Cara Ampuh Melegakan Memori Internal Smartphone Android Yang Penuh
Ilustrasi Memori Internal
Semakin banyak aplikasi yang ingin kita pasang, tentunya ruang penyimpanan yang diperlukan oleh smartphone pun semakin besar. Tidak hanya aplikasi saja yang dapat memenuhi ruang penyimpanan pada smartphone android kita, karena kualitas kamera pada saat ini sudah memiliki resolusi yang besar, maka ukuran dari file foto ataupun video semakin besar pula.

Apalagi daya tamping penyimpanan pada sebuah smartphone biasanya terbatas. Dan apabila seluruh ruang penyimpanan tersebut telah digunakan, maka kita akan kesulitan untuk memasang aplikasi baru, menyimpan file atau bahkan performa dari smartphonepun akan kian menurun.

                             Cara Mudah Download Foto dan Video Instagram di Android

Tetapi sobat wak-droid tenang saja, karena kita akan menyelesaikan permasalahan klasik tersebut. Untuk lebih jelasnya yuk intip tips berikut ini.

1. membersihkan File Cache dan Sampah
Biasanya setelah aplikasi sudah cukup lama digunakan akan menimbulkan file sampah yang lumayan cukup memakan memori internal smartphone kita, seperti pada aplikasi Instagram, Facebook, Path dan lainnya biasanya akan meninggalkan cache yang berguna ketika kita membuka kembali aplikasi tersebut tidak harus ada proses loading terlebih dahulu.
wak-droid 5 Cara Ampuh Melegakan Memori Internal Smartphone Android Yang Penuh
Ilustrasi File Cache
Meskipun sebenarnya file cache tersebut pada setiap aplikasi tidak terlalu besar, namun apabila terus sobat tumpuk tentunya akan memakan banyak space pada memori internal ponsel sobat.

2. Memindahkan Data ke Cloud Storage
Kita bisa memanfaatkan Cloud Storage ini untuk meringankan beban ponsel kita. Cloud Storage atau penyimpanan awan yaitu tempat penyimpanan dengan menggunakan akun pada server perusahaan tertentu seperti Dropbox, Google Drives, OneDrive atau yang lainnya.
wak-droid 5 Cara Ampuh Melegakan Memori Internal Smartphone Android Yang Penuh
Ilustrasi Cloud Storage
Kita hanya cukup membuat sebuah akun, dan kita pun akan mendapatkan ruang penyimpanan pada server-server tersebut. Memang untuk kategori member gratis tentunya akan mendapat jatah ruang penyimpanan yang tidak terlalu banyak yaitu sekitar 1GB, namun jika sobat ingin membesar kapasitas penyimpanan tersebut, sobat bisa membayarnya dengan harga yang cukup bervariasi.

3 Menggunakan Memori Eksternal
Bagi sobat yang ponselnya terdapat slot untuk SD Card atau memori eksternal, cara ini bisa menjadi salah satu alternative untuk memperluas ruang penyimpanan internal pada ponsel sobat. Sobat bisa menggunakan SD Card berkapasitas 16GB, 32GB, 64GB atau berapapun sesuai dengan kemampuan ponsel sobat.
wak-droid 5 Cara Ampuh Melegakan Memori Internal Smartphone Android Yang Penuh
Ilustrasi SD Card
Dan pada saat pemilihan memori eksternal ini pun selain memperhatikan jumlah besarnya penyimpanan, sobat pun harus memperhatikan kecepatan tulis dari SD Card tersebut, karena hal tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap kinerja ponsel kesayangan sobat.

4 Pindahkan Data Yang Berada di Folder Unduhan
Ketika sobat mengunduh suatu file, baik foto, video atau apapun itu biasanya akan tersimpan pada folder unduhan/download. Folder tersebut biasanya berada pada partisi penyimpanan internal pada sebuah smartphone, dan tentu nya akan memakan space dari ruang penyimpanan pada sebuah smartphone.
wak-droid 5 Cara Ampuh Melegakan Memori Internal Smartphone Android Yang Penuh
Ilustrasi Folder Unduhan
Untuk mengatasinya sobat bisa memindahkan file-file tersebut ke folder lain, ataupun bisa menghapus file-file yang sekiranya memang tidak dibutuhkan, hal tersebut cukup efektif untuk mengurangi beban dari memori internal smartphone sobat.

5 Menghapus Aplikasi BloatWare
Aplikasi BloatWare yaitu aplikasi-aplikasi bawaan yang sudah terpasang sejak pertama kali ponsel dibeli. Seperti yang kita ketahui sebenarnya ada beberapa dari aplikasi bloatware ini yang fungsinya tidak diperlukan pada sebuah ponsel. Tentu saja cara terbaiknya untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan mencopot aplikasi-aplikasi bloatware tersebut dari ponsel kita.
wak-droid 5 Cara Ampuh Melegakan Memori Internal Smartphone Android Yang Penuh
Ilustrasi Aplikasi BloatWare

Namun ada beberapa aplikasi yang memang cukup bandel sehingga sulit untuk dihapus. Namun meskipun sobat tidak dapat menghapus beberapa aplikasi tersebut, setidaknya sobat bisa menghentikan kerja dari aplikasi-aplikasi tersebut agar tidak berjalan pada proses latar belakang, yaitu dengan cara Setting – App – All. Kemudian tap aplikasi yang ingin dinon-aktifkan, lalu tap Disable.


Disqus Comments