Senin, 27 Februari 2017

Cara mudah mengakses notifikasi android ke komputer dengan internet

Cara mudah mengakses notifikasi android ke komputer dengan internet
Pushbullet
WakDroid - Ketika sobat sedang berada didepan komputer dan terdengar sebuah bunyi notifikasi masuk ke ponsel android sobat, terkadang memang agak malas ketika ingin berpaling dari komputer karena memang sedang fokus untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Seperti yang kita ketahui, pada zaman seperti sekarang ini smartphone memang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia.

Namun kalau sobat sedikit sedikit membuka handphone pada saat sedang menyelesaikan sebuah pekerjaan pun tentunya akan membuat produktifitas sobat dapat menurun. Nah untuk mengatasi permasalahan tersebut, kita dapat mengirim notifikasi ponsel android ke komputer yang sedang kita gunakan.

Nah supaya sobat tetap bisa menyelesaikan pekerjaan sambil memerika notifikasi yang masuk pada ponsel android sobat, kita dapat menggunakan sebuah aplikasi bernama pushbullet. Cara kerja aplikasi ini yaitu akan mensinkronisasikan notifikasi yang terdapat pada ponsel android sobat dengan perangkat komputer yang sobat gunakan melalui web browser sepert chrome, firefox, opera ataupun yang lainnya.

Tentunya dengan menggunakan aplikasi ini, sobat tidak perlu repot repot untuk membuka ponsel android kesayangan sobat ketika sobat sedang fokus menyelesaikan pekerjaan pada perangkat komputer sobat.


Cara akses notifikasi android menggunakan komputer

Karena pada tutorial kali ini kita akan menggunakan 2 jenis device yang berbeda, yakni smartphone android dan perangkat komputer. Maka untuk memudahkan sobat wakdroid dalam memahaminya, mimin akan membahasnya satu persatu.

Konfigurasi Pushbullet pada smartphone Android

1. silahkan sobat download aplikasi pushbullet ini pada ponsel android kesayangan sobat. Aplikasi ini dapat didownload di google play store ataupun melalui situs resmi pushbullet.
Download aplikasi Pushbullet di android


2. Silahkan sobat buka aplikasi pushbullet yang sudah terinstall pada smartphone android sobat, Dan akan tampil sebuah form login, sobat dapat login menggunakan akun facebook ataupun akun google untuk masuk ke aplikasi ini.
Login akun aplikasi Pushbullet di android


3. Pada tutorial kali ini mimin akan login menggunakan akun facebook.
Login akun aplikasi Pushbullet di android


4. Setelah berhasil login, maka kita akan mulai mengkonfigurasi aplikasi pushbullet ini pada smartphone android, silahkan sobat klik tombol AKTIFKAN pada sisi kanan bawah.

Mengatur aplikasi Pushbullet di android


Baca juga : Mengamankan privasi data smartphone android menggunakan fitur guest mode
5. Sobat akan diminta untuk memberikan akses pemberitahuan untuk aplikasi pushbullet ini, silahkan sobat centang pada aplikasi pushbullet.
Konfigurasi akses aplikasi Pushbullet di android


6. Selanjutnya akan muncul sebuah popup pemberitahuan, Silahkan sobat klik tombol OKE untuk melanjutkannya.
Pengaturan akses aplikasi Pushbullet di android


7. Setelah selesai, maka sobat akan diarahkan kembali ke aplikasi pushbullet, dan akan akan tampil sebuah form konfigurasi yang memungkinkan sobat untuk mengakses SMS pada smartphone android sobat menggunakan perangkat komputer. Silahkan sobat klik tombol AKTIFKAN.
Konfigurasi aplikasi Pushbullet di android


8. Klik tombol SELESAI untuk mengakhiri konfigurasi aplikasi pushbullet pada smartphone android sobat.
Konfigurasi aplikasi Pushbullet di android


Setelah selesai melakukan konfigurasi aplikasi pushbullet pada smartphone android, maka langkah selanjutnya kita akan mengkonfigurasi aplikasi pushbullet pada perangkat komputer/Laptop.

Konfigurasi Pushbullet pada perangkat komputer

1. Silahkan sobat download ekstensi pushbullet pada browser kesayangan sobat melalui website resmi dari Pushbullet. Pada tutorial kali ini mimin menggunakan web browser Chrome.

2. Silahkan sobat klik tombol ADD TO CHROME, tentunya akan sedikit berbeda pada setiap browser, sobat tinggal menyesuaikannya saja.
Download aplikasi Pushbullet di komputer atau laptop



3. Selanjutnya akan muncul sebuah pop-up yang berisi konfirmasi untuk menambahkan sebuah ekstensi, silahkan sobat klik tombol ADD EXTENSION.
Install aplikasi Pushbullet di komputer atau laptop



4. Jika ekstensi pushbullet ini sudah berhasil terpasang, maka akan muncul sebuah notifikasi pada sisi kanan bawah web browser sobat, dan silahkan sobat klik notifikasi tersebut.
Pemberitahuan berhasil Install aplikasi Pushbullet di komputer atau laptop



5. Sobat akan diarahkan ke sebuah form login, silahkan sobat masuk dengan akun yang sama ketika sobat login di smartphone android sobat.
Login akun Pushbullet di komputer atau laptop


6. Berikut ini adalah sebuah tampilan ketika sobat berhasil login pushbullet pada perangkat komputer/laptop sobat.
Tampilan awal aplikasi Pushbullet di komputer atau laptop


Setelah kita sudah selesai memasang aplikasi pushbullet pada smartphone android dan juga pada perangkat komputer/laptop, untuk memastikan aplikasi ini dapat berjalan dengan lancar, sebaiknya kita melakukan ujicoba aplikasi pushbullet ini terlebih dahulu.


Uji coba aplikasi Pushbullet pada perangkat komputer dan android

1. Silahkan sobat buka aplikasi pushbullet pada smartphone android sobat. Dan klik pada tombol yang terletak pada bagian kiri atas.
ujicoba aplikasi Pushbullet di komputer atau laptop dan android


2. Akan muncul berbagai macam menu, dan silahkan sobat klik pada menu PENERUSAN NOTIFIKASI.
penerusan notifikasi aplikasi Pushbullet dari android ke komputer atau laptop


3. Akan tampil sebuah form yang berfungsi untuk mengatur notifikasi pushbullet, silahkan sobat klik pada tombol KIRIM NOTIFIKASI PERCOBAAN.
penerusan notifikasi aplikasi Pushbullet dari android ke komputer atau laptop


4. Jika pada perangkat komputer/laptop sobat tampil sebuah notifikasi seperti gambar dibawah ini, maka dapat dipastikan aplikasi pushbullet ini telah sukses sobat pasang.
notifikasi aplikasi Pushbullet berhasil dikirim dari android ke komputer atau laptop



Dan berikut ini adalah contoh notifikasi yang masuk ke smartphone android mimin, notifikasi tersebut pun masuk ke laptop yang mimin gunakan, untuk membalas pesan yang masuk, kita cukup klik pada tombol Reply.
membalas sms pada android menggunakan komputer


Dan selanjutnya akan tampil sebuah form untuk membalas pesan tersebut, tekan tombol ENTER untuk mengirim pesan balasan.
membalas sms pada android menggunakan komputer


Bagaimana sobat? sangat mudahkan? dengan menggunakan aplikasi ini tentunya kita tidak perlu untuk bulak balik mengecek handphone ketika kita sedang sibuk menyelesaikan pekerjaan pada komputer kita. Selamat mencoba!
Disqus Comments