Selasa, 14 Februari 2017

Memory smartphone kamu penuh? Cepat atasi dengan 5 tips ampuh ini!

Memori Penuh via neotekno.com
Wakdroid - Memori penyimpanan smartphone android penuh memang menjadi masalah yang cukup serius, pasalnya memori penyimpanan memang merupakan salah satu bagian vital pada sebuah smartphone. Tentu nya hal ini akan membuat kita kesal karena kebingungan bagaimana caranya agar tetap bisa menginstall aplikasi yang kita inginkan.

Tetapi sobat tidak usah terlalu khawatir ketika memori penyimpanan internal pada smartphone sobat sudah mencapai batas kapasitasnya. Karena Wakdroid akan membagikan tips yang akan membantu sobat untuk menghemat memori penyimpanan internal pada ponsel android kesayangan sobat dan tentunya bukan dengan cara menghapus aplikasi lain yang sudah terpasang demi mendapatkan ruang pada memori penyimpanan android kita.

Sobat sudah penasaran? yuk simak langkah-langkah berikut ini!


1. Pakai layanan streaming.

Layanan Streaming untuk menghemat memori android
Layanan Streaming
Dengan menggunakan layanan streaming ini tentunya akan menghemat banyak sekali ruang pada memori penyimpanan android kita dibandingkan dengan menyimpan video, film ataupun musik pada ponsel kita. 

Baca Juga : Cara mudah install MIUI di smartphone Android selain Xiaomi

Selain itu, kita pun akan dapat lebih menghargai musik, film, ataupun video yang merupakan hasil karya yang telah dibuat oleh orang lain dengan tidak mendownloadnya secara illegal alias bajakan. Namun yang harus sobat perhatikan jika menggunakan layanan streaming ini yaitu kuota internet sobat, jangan sampai memori penyimpanan sobat sudah berhasil dihemat, tapi paket data sobat malah semakin boros. Duh.


2. Backup otomatis menggunakan layanan Cloud.

Layanan ini pun menjadi favorit bagi para pengguna gadget, karena memang dapat menghemat penggunaan memori internal smartphone mereka. Sobat pun dapat menerapkan cara ini untuk menghemat memori internal ponsel sobat, namun jika sobat tidak ingin membackupnya secara manual, sobat bisa menggunakan IF This Then That (IFTTT) pada smartphone sobat.
menggunakan layanan Cloud untuk menghemat memori penyimpanan android
layanan Cloud
Alikasi ini pun bisa sobat jadikan jalan keluar jika sobat tidak ingin membatasi ukuran resolusi kamera, namun lebih suka menghapusnya karena sudah tersimpan di cloud.
Silahkan sobat doownload terlebih dahulu aplikasi IFTTT di PlayStore, dan sobat akan diberikan beberapa petunjuk prinsip dasar dari aplikasi IFTTT.

Jika (IF) sobat menangkap sebuah foto (This), maka smartphone sobat otomatis akan melakukan (Then) Backup ke cloud (That). Dan apabila sobat sudah mengaktifkan applet tersebut,sobat dapat memfoto sepuasnya tanpa harus takut memori penyimpanan android penuh. Aplikasi IFTTT ini pun bukan hanya untuk membackup foto, sobat dapat kreasikan untuk menghemat memori penyimpanan sobat menggunakan aplikasi ini.



3. Menghapus cache aplikasi.

Cache tempat menyembunyikan atau tempat menyimpan sementara. Sesuai definisi tersebut cache memori adalah tempat menyimpan data sementara.cache berfungsi untuk mempercepat akses data pada komputer karena cache menyimpan data atau informasi yang telah di akses oleh suatu buffer, sehingga meringankan kerja processor.
Menghapus cache untuk menghemat penyimpanan android
Menghapus cache
Namun jika dibiarkan, lama lama tentu akan memakan banyak sekali ruang pada memori penyimpanan android sobat. Jadi lebih baik sobat rajin untuk menghapus file cache ini pada smartphone android sobat. Cara menghapus cache pada ponsel android yaitu dengan masuk ke menu Setelan >> Aplikasi >> Pilih Aplikasi dan pilih Hapus Cache.



4. Membatasi kualitas video dan foto.

Membatasi kualitas foto dan video untuk menghemat penyimpanan android
Membatasi kualitas foto dan video via blogspot.com
Seandainya foto yang sobat tangkap tidak lah terlalu penting, alangkah baiknya sobat batasi saja kualitas foto tersebut. Karena semakin tinggi kualitas resolusi sebuah foto, maka akan semakin besar pula ukuran file yang akan dihasilkan. 

Begitu pun untuk video, modus seperti HDR dan 4K yang sedang populer belakangan ini tentunya akan menggunakan lebih banyak ruang penyimpanan pada memori. Memang akan terasa agak rugi apabila kita sudah mempunyai kamera dengan kualitas tinggi namun tidak dapat dimaksimalkan.



5. Menghapus pesan lama.

Menghapus pesan lama untuk menghemat memori internal android
Menghapus pesan lama
Pesan yang sudah sangat menumpuk tentunya juga akan menjadi salah satu penyebab penuhnya memori android kita, alangkah lebih baiknya jika kita menghapus pesan yang memang tidak penting. Cara menghapus pesan pada smartphone android ini pun sangat mudah, sobat cukup masuk ke menu Setelan >> Aplikasi >> Lainnya >> Pesan, maka akan tersedia pilihan untuk mengatur batas pesan untuk dihapus.

Disqus Comments