Senin, 09 Januari 2017

Performa ponsel Xiaomi mulai melambat? Cepat atasi dengan 4 cara sederhana ini agar kembali maksimal


Ilustrasi Speed (Sumber Gambar)
Wakdro.id - Assalamualaikum sobat wakdro.id semua. Mungkin sobat mulai kesal dengan kinerja ponsel xiaomi sobat yang mulai menurun kinerja nya, terus kalo xiaomi mulai lelet kinerja nya harus gimana? sobat tenang saja, kita akan membahasnya pada artikel ini. 

Menurun nya kinerja sebuah ponsel bisa saja salah satunya disebabkan oleh terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan. Dengan begitu banyak nya aplikasi yang berjalan pada handphone kita, maka secara otomatis akan memakan banyak rauang pada RAM (Random Access Memory). 


Nah untuk sobat yang belum begitu paham dengan RAM, berikut ini adalah sebuah penjelasan singkatnya. 

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Fungsi RAM secara sederhana yaitu sebagai sebuah media simpan sementara yang digunakan hanya saat perangkat menyala.  RAM termasuk memori yang bersifat sementara / temporer.

Nah dengan banyaknya aplikasi yang berjalan pada sebuah ponsel, maka akan semakin membebani pula pada kinerja RAM. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa sobat terapkan pada ponsel xiaomi kesayangan sobat.


1. Factory Reset.

Factory Reset atau reset ulang pada android bertujuan untuk mengembalikan software pada hp atau tablet android kekondisi awal seperti saat baru keluar dari pabrik. Factory reset biasanya dilakukan untuk menyelesaikan masalah kerusakan software yang terjadi pada android.


Sumber

Untuk melakukan factory reset ini sobat dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:
1. Masuk ke aplikasi Setting.
2. Pilih Additional setting.
3. Pilih backup & reset.
4. pilih factory & reset.
5. Reset Phone.

Hal yang perlu sobat ketahui dan ingat yaitu ketika sobat melakukan factory reset berarti semua data pada ponsel xiaomi sobat akan terhapus. Jadi sebaiknya sebelum sobat melakukan factory reser, lebih baik sobat backup terlebih dahulu data-data penting sobat.


2. Update MIUI

MIUI ini yaitu sebuah sistem yang mengatur tampilan pada ponsel xiaomi sobat, dan dengan memperbaharui MIUI tentu saja akan lebih meningkatkan kinerja dari ponsel xiaomi sobat.


Sumber

Berikut ini adalah langkah langkah untuk memperbarui MIUI:
1. Masuk ke aplikasi updater.
2. Pilih check for updates.
3. Silahkan sobat update MIUI pada ponsel sobat.

Untuk saat ini mayoritas ponsel Xiaomi masih menggunakan MIUI 8. Pada MIUI ini terdapat banyak sekali fitur fitur keren yang bisa sobat manfaatkan demi bisa meningkatkan ponsel Xiaomi sobat.

Wakdroid sudah menyiapkan beberapa tips untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur fitur keren padaMIUI 8.


3. Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Selain dapat memakan tempat penyimpanan internal ponsel xiaomi sobat, aplikasi aplikasi yang tidak terpakai ini juga dapat membebani kinerja dari ponsel sobat. Lebih baik sobat mencopotnya dari ponsel sobat agar kinerja ponsel sobat bisa lebih maksimal.


Sumber
caranya cukup mudah, silahkan sobat tekan dan geser icon aplikasi yang ingin sobat copot ke icon tempat sampah pada ponsel sobat.


4. Bersihkan RAM.

Maksud membersihkan RAM disini bukan membersihkan RAM secara fisik, melainkan kita akan membersihkan RAM melalui sistem, dengan membersihkan RAM seperti ini tentu saja aplikasi aplikasi yang membuat RAM menjadi sesak bisa dikurangi.


Sumber

berikut ini adalah langkah langkah membersihkan ram pada ponsel Xiaomi :
1. Tekan tombol Recent App, biasanya tombol ini terletak pada bagian paling kiri.
2. Tekan tanda silang pada monitor sobat untuk membersihkan RAM.

Demikianlah artikel tentang cara mudah membuat kinerja handphone xiaomi jadi kenceng lagi yang dapat WakDroid bagikan. Mohon maaf apabila banyak kekurangan, jangan lupa sobat bagikan artikel ini jika memang bermanfaat, "SINGKAT, SEMOGA BERMANFAAT". Wassalamualaikum.
Disqus Comments