Selasa, 04 Oktober 2016

Seperti ini 5 Cara mudah Mempercepat Kinerja Andorid

Seperti ini 5 Cara mudah Mempercepat Kinerja Andorid. Assalamualaikum sobat Wak-droid semua. Alhamudulillah nih kita bertemu kembali.Pembahasan kita pada kesempatan kali ini yaitu cara mempercepat kinerja handhpone android.
Wak-droid - Seperti ini 5 Cara mudah Mempercepat Kinerja Andorid
Sumber Gambar

Apakah akhir-akhir ini sobat merasakan handphone android kesayangan sobat kinerjanya mulai melambat alias nge-lag? jika iya, sobat tenang saja, sobat tidak sendirian kok. Biasanya penyebab kinerja handphone android yang mulai melambat itu disebabkan oleh banyaknya sebuah proses aplikasi yang berjalan.

Tentu saja hal tersebut akan memberikan beban yang berat kepada RAM. Apalagi bagi sobat yang memiliki handphone android dengan kapasitas RAM yang tidak cukup besar.

Tentu saja ponsel yang tiba-tiba melambat ketika sobat sedang asik-asik memainkannya, akan membuat sobat merasa sangat kesal kepada ponsel android tersebut. Nah untuk sobat yang sering mengalami ponsel androidnya lambat (lemot),  berikut ini adalah tips dan trik agar handphone android sobat performanya menjadi lebih baik.

1. Jangan Menjalankan Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Kebanyakan dari pengguna android sangat senang berkreasi dan mengeksplorasi banyak aplikasi yang terpasang pada ponsel android mereka, sehingga tidak sadar bahwa kegiatan yang mereka lakukan itu akan membuat kinerja ponsel android mereka menjadi lambat.

Bagi sobat yang sering merngeksplorasi dan senang berkreasi dengan aplikasi android, sebaiknya sobat membuka aplikasi-aplikasi yang terpasang pada handphone android sobat secara bergantian, tutup saja aplikasi yang sudah selesai sobat gunakan.


Jika sobat menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, tentu saja ini akan membuat handphone android sobat akan melambat. Hal ini dikarenakan beban yang harus ditanggung oleh RAM menjadi lebih banyak. Oleh sebab itu, disarankan agar sobat tidak membuka banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan .


2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Hal yang harus sobat ketahui, kebanyakan dari aplikasi yang sobat install pada perangkat android sobat itu membutuhkan ruang pada RAM dan memori penyimpanan yang lumayan besar. Tentu saja hal ini akan berdampak pada melambatnya kinerja handphone Android kesayangan sobat.
Wak-droid - Seperti ini 5 Cara mudah Mempercepat Kinerja Andorid

Sebaiknya sobat memasang aplikasi yang memang benar benar penting dan sangat sobat butuhkan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kebanyakan ponsel android sudah terinstall banyak aplikasi bawaan atau yang biasa disebut dengan bloatware. 

Aplikasi aplikasi tersebut juga sangat banyak memakan space RAM dan juga penyimpanan internal, sebenarnya sobat bisa saja menghapus aplikasi-aplikasi bawaan dari android tersebut. Hanya saja sobat harus melakukan ritual root android untuk mendapatkan akses sistem secara penuh pada ponsel android sobat

3. Nonaktifkan Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Jika sobat menginginkan kinerja handphone android sobat tetap lancar, dan sobat merasakan aplikasi-aplikasi yang terpasang pada perangkat android itu penting jika harus di uninstall.

Maka sobat bisa mencoba cara yang satu ini, untuk mempercepat kinerja android sobat sebaiknya sobat me-nonaktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Cara ini sangat efektif mempercepat kinerja ponsel android tanpa harus menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah terpasang.

Karena kebanyakan aplikasi yang terinstall pada perangkat android itu berjalan di background proses untuk melakukan proses sinkronisasi, menentukan posisi GPS dan lainnya. Hal tersebut tak hanya dapat menguras baterai android dengan cepat, proses tersebut juga akan membebankan kinerja RAM sehingga akan menjadi lebih lambat.

Untuk me-nonaktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak sobat inginkan, sobat cukup membuka menu Settings>Application>App manager. Pilih aplikasi dan tekan tombol Disable atau Paksa Berhenti.
Wak-droid - Seperti ini 5 Cara mudah Mempercepat Kinerja Andorid

atau juga sobat bisa me-nonaktifkan aplikasi-aplikasi tersebut dengan cara menekan tombol navigasi  Recent Apps pada ponsel sobat (biasanya tiap perngkat android berbeda beda). Lalu akan muncul daftar aplikasi yang sedang terbuka, setelah itu silahkan sobat geser pada aplikasi yang akan ditutup.
Wak-droid - Seperti ini 5 Cara mudah Mempercepat Kinerja Andorid


4. Jangan Gunakan Wallpaper Bergerak

Agar terlihat lebih cantik, banyak pengguna ponsel memilih gambar bergerak sebagai wallpaper. Ada baiknya untuk hindari untuk menggunakan wallpaper yang bergerak karena sangat mengonsumsi daya baterai lebih besar dan cepat.

Serupa dengan wallpaper yang bergerak, efek animasi juga sangat membebankan GPU dan RAM sehingga membuat ponsel lebih lambat.

Untuk mematikan animasi, sobat bisa mengaksesnya di Settings>Developer Options (tap Build Number beberapa kali, untuk memunculkan Developer Options)> Window Animation Scale> Animation scale OFF.

5. Jangan Menggunakan Auto Rotate Jika Tidak Diperlukan

Sebenarnya fungsi dari fitur ini yaitu untuk mengubah tampilan pada layar handphone android sobat secara landscape atau portrait, tergantung keinginan sobat. Namun sebaiknya sobat tidak usah mengaktifkan fitur ini jika memang tidak terlalu dibutuhkan. Karena proses pergantian dari landscape ke portrait atau pun sebaliknya akan membebankan kinerja RAM pada perangkat Android sobat.
Wak-droid - Seperti ini 5 Cara mudah Mempercepat Kinerja Andorid

Saya rasa seperti itu lah kurang lebihnya 5 Cara mudah Mempercepat Kinerja Andorid. silahkan sobat share artikel ini jika memang bermanfaat. Singkat, Semoga Bermanfaat sekian dari saya. Wassalamualaikum.
Disqus Comments