Rabu, 08 Februari 2017

Jangan panik! begini cara paling ampuh melacak handphone android yang hilang atau dicuri

Cara mudah melacak posisi smartphone Android yang hilang
Android lost via gamengadgets.com
Wakdroid - Kehilangan ponsel Android kesayangan tentunya akan membuat kita menjadi gelisah, entah karena jatuh dijalan ataupun dicuri oleh seseorang yang sangat tidak bertanggung jawab. 

Sebenarnya yang sangat dikhawatirkan dari hilangnya sebuah ponsel adalah data yang tertanam pada ponsel tersebut, bisa saja data data pribadi kita disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


Untungnya di era yang semakin canggih ini, kita tidak perlu terlalu khawatir apabila kehilangan smartphone kesayangan kita. Karena sudah ada teknologi yang memungkinkan kita untuk melacak dimana keberadaan ponsel yang telah hilang tersebut. 


Pada saat ini, hampir semua jenis smartphone Android sudah disisipi berbagai layanan milik Google. Tentu saja tujuan utama dari diciptakannya berbagai layanan tersebut tidak lain untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada para penggunanya.


Dan seperti pada kasus ini, kita akan mencoba melacak smartphone android yang hilang menggunakan layanan Android Device Manager dan juga Google Maps. 


Mengapa harus menggunakan kedua layanan tersebut?


Seperti yang sudah kami paparkan diatas, sebagian besar smartphone android yang tersebar diseluruh dunia sudah terintegerasi dengan akun Google, selain itu penggunaan layanan Android Device Manager dan Google Maps ini tergolong sangat mudah.



Baca juga : Memory smartphone kamu penuh? cepat atasi dengan 5 tips ampuh ini!


Meskipun masih ada beberapa versi android yang belum disematkan Android Device Manager, namun sobat tidak perlu khawatir karena kita dapat mengunduhnya melalui layanan Google Play Store. 


Dan untuk mengantisipasi hal-hal yang sangat tidak diinginkan seperti kehilangan handphone android kesayangan kita, sebaiknya sobat segera lengkapi ponsel android sobat dengan fitur aplikasi Android Device Manager ini. Atau jika sobat tidak ingin repot memasang aplikasi tersebut, sobat masih bisa melacak smartphone dengan menggunakan aplikasi Google Maps.



Cara Melacak Smartphone Android Yang Hilang

Pada artikel kali ini kita akan menggunakan dua layanan yang berbeda, silahkan sobat pilih layanan mana yang dianggap lebih mudah dan efisien. Karena pada praktik nya kedua layanan ini memiliki fungsi yang hampir sama.

Perlu sobat ketahui, metode yang dijabarkan di artikel ini tidak berarti apa-apa jika fitur GPS pada handphone android kesayangan sobat dalam keadaan non-aktif.


Untuk mengaktifkannya, silahkan sobat simak langkah-langkah berikut ini :


1. silahkan sobat klik pada menu Settings >> Location, lalu tekan tombol untuk mengaktifkannya.

Cara mudah melacak posisi smartphone Android yang hilang
Konfigurasi lokasi via Droidlime.com

4. Setelah fitur GPS pada ponsel sobat aktif, silahkan masuk ke menu mode. Akan ada beberapa pilihan mode, silahkan sobat pilih high accuracy agar Google dapat melacak lokasi dengan sangat akurat. 




Cara mudah melacak posisi smartphone Android yang hilang
Konfigurasi akurasi GPS

1. Melacak Smartphone menggunakan Android Device Manager


Cara Mengaktifkan Android Device Manager

Bagi sobat yang memiliki ponsel android keluaran terbaru, sepertinya fitur android device manager ini sudah tersemat didalam menu setting. Layanan Android Device Manager ini akan langsung terkoneksi dengan akun Google yang terdapat pada ponsel android sobat. 


Berikut ini adalah cara mengaktifkan android device manager :

1. Silahkan sobat masuk ke menu Settings >> Security >> Device Administration.

Cara mudah melacak posisi smartphone Android yang hilang
Device Administrator via Droidlime.com

2. Selanjutnya, silahkan sobat klik pada opsi Android Device Manager yang akan menampilkan tanda centang pada bagian tersebut. Jika sudah selesai, silahkan sobat kembali ke menu utama Settings.
Cara mudah melacak posisi smartphone Android yang hilang
Android Device Manager via Droidlime.com


Untuk smartphone sobat yang belum terpasang aplikasi tersebut, sobat tidak perlu khawatir karena kita bisa mengunduh aplikasi Android Device Manager ini di Google Play Store secara Gratis.
Silahkan simak beberapa step berikut ini :

1. Silahkan sobat download aplikasi Android Device Manager ini melalui Google Playstore.

Download aplikasi Android Device Manager


2. Buka aplikasi tersebut dan klik pada tombol Lanjutkan sebagai ...

Pilih tombol lanjutkan sebagai...


3. Sobat akan diminta untuk memasukkan kata sandi akun Google di smartphone yang akan di lacak.

Masukkan kata sandi akun Google.


4. Setelah berhasil Login, maka akan tampil seperti gambar berikut ini.

Handphone android siap dilacak.



Sampai step ini, berarti sobat sudah berhasil mengaktifkan aplikasi Android Device Manager yang akan kita gunakan untuk melacak smartphone yang hilang.


Cara melacak smartphone menggunakan Android Device Manager


Setelah kita selesai mengaktifkan fitur Android Device Manager, maka ponsel sobat pun sudah dapat dilacak keberadaannya oleh Google. Kita dapat melacak smartphone android yang hilang dengan menggunakan perangkat android yang lain dan bisa juga menggunakan perangkat komputer/laptop.


Untuk melacak menggunakan perangkat android yang lain, berikut ini adalah caranya :

1. Silahkan sobat buka Web browser kesayangan sobat.

2. Selanjutnya silahkan sobat buka situs Google.com dan ketikkan “temukan ponsel saya” pada form pencarian google.
Cara mudah melacak posisi smartphone Android yang hilang
Buka google.com via droidlime.com

3. 
Dan pada hasil pencarian paling atas dari Google, sobat akan melihat sebuah peta yang menampilkan letak keberadaan ponsel sobat yang hilang.
Cara mudah melacak posisi smartphone Android yang hilang
Google menampilkan lokasi ponsel via droidlime.com

Perlu sobat ketahui, untuk melakukan cara di atas, pastikan sobat sudah melakukan proses login akun Google sobat pada web browser tersebut, jika belum login maka google tidak akan menampilkan peta tersebut.

Selain melalui aplikasi web browser, kita bisa juga melacak menggunakan aplikasi Android Device Manager pada perangkat smartphone tersebut.

Berikut ini adalah cara nya :


1. Buka aplikasi Android Device Manager pada ponsel yang akan digunakan untuk melacak, selanjutnya klik tombol Login sebagai tamu.

Tekan tombol login sebagai tamu


2. Silahkan sobat masukkan akun Google yang terpasang pada ponsel yang ingin dilacak.

Silahkan masukkan email dan password.


3. Setelah berhasil login, sobat akan langsung diberikan informasi berupa sebuah peta yang menampilkan lokasi smartphone yang hilang tersebut.

Ponsel android yang hilang pun langsung terlacak.



Untuk sobat yang kesulitan karena tidak ada perangkat android lain yang digunakan untuk melacak smartphone yang hilang tersebut, sobat tidak perlu khawatir karena sobat masih tetap bisa melacak smartphone tersebut menggunakan perangkat komputer.


Berikut ini adalah cara nya :


1. Silahkan sobat kunjungi alamat www.google.com/android/devicemanager, dan sobat akan diminta untuk memasukkan akun Google yang terdapat pada smartphone yang akan dilacak.

Silahkan masuk ke akun Google.


2. Setelah berhasil masuk, sobat akan diperlihatkan sebuah peta yang berisikan informasi letak smartphone tersebut.

Posisi smartphone akan langsung terlacak


Salah satu kelebihan dari aplikasi Android Device Manager ini yaitu terdapat 3 buah fitur canggih yang dapat membantu kita supaya bisa lebih mudah dalam menemukan smartphone yang hilang dan juga dapat melindungi data yang terdapat pada smartphone tersebut.


Ketiga fitur canggih dari Android Device Manager, yakni :

<-- adsense -->
1. Fitur putar suara, dengan fitur ini sobat akan dengan mudah menemukan ponsel sobat yang hilang karena akan mengeluarkan suara yang sangat keras meskipun sebelumnya ponsel dalam keadaan Silent.

Fitur Ring di Android Device Manager

Cara mengaktifkannya sobat cukup tekan pada menu Putar Suara setelah itu ponsel yang hilang pun akan langsung berdering dengan durasi paling lama 5 menit, atau jika sobat sudah merasa cukup, sobat dapat menekan tombol Berhenti Berdering.



2. Fitur Kunci, Fitur ini berfungsi untuk mengamankan data pribadi pada smartphone android sobat. Tidak hanya itu, sobat pun dapat menambahkan sebuah pesan dan juga nomor telepon yang akan tampil pada smartphone yang hilang tersebut.

Fitur Lock di Android Device Manager

Cara mengaktifkan fitur ini silahkan sobat klik pada menu Kunci, dan akan tampil sebuah form untuk mengirimkan pesan ke smartphone tersebut. Jika sobat ingin mengaktifkan fitur ini silahkan klik tombol Kunci.



3. Fitur Hapus, fungsi dari fitur ini yaitu untuk menghapus semua data yang terdapat pada ponsel tersebut. Untuk mengaktifkannya cukup menekan tombol Hapus.

Fitur Erase di Android Device Manager




2. Melacak Smartphone menggunakan Google Maps

Selain menggunakan aplikasi Android Devices Manager, kita bisa juga melacak smartphone yang hilang menggunakan aplikasi Google Maps. Metode yang digunakan yaitu dengan cara melihat riwayat lokasi yang pernah dikunjungi oleh smartphone tersebut.

Kita dapat mengetahuinya dengan melihat lokasi terakhir yang pernah di kunjungi. Untuk menggunakan fitur ini pastikan sobat sudah mengaktifkan fitur riwayat lokasi pada smartphone sobat.


Berikut ini adalah caranya :


1. Silahkan sobat masuk ke menu Setting >> Lokasi.

Masuk ke menu Setting >> Lokasi.


2. Klik pada menu Google Riwayat Lokasi.

Klik menu google riwayat lokasi.


3. Pastikan semuanya dalam posisi aktif.

Klik tombol untuk mengaktifkan.

Setelah sobat berhasil mengaktifkan riawayat lokasi pada smartphone android sobat, sobat tinggal melihat riwayat lokasi tersebut dengan mengunjungi alamat maps.google.com/locationhistory.
Terlihat riwayat lokasi yang dicatat oleh Google Maps



3. Melacak Smartphone menggunakan Imei

Imei via Andromax4G Rom

Bisakah melacak smartphone menggunakan Imei? Pertanyaan tersebut cukup banyak 'bergentayangan' di dunia internet. Baiklah kali ini WakDroid akan memberikan jawabannya.

Sebenarnya bisa-bisa saja kita melacak keberadaan sebuah smartphone yang hilang hanya bermodalkan sebuah Imei saja, Tetapi... untuk melakukan hal tersebut tidak lah mudah, karena kita harus bekerja sama langsung dengan perusahaan provider telekomunikasi.
Lokasi IMEI pada ponsel yang hilang tersebut akan terdaftar didatabase mereka ketika ponsel tersebut terhubung dengan SIM Card. Dan kabar buruknya, di Indonesia tercinta ini belum terdapat aturan yang membolehkan masyarakat umum untuk meminta akses pelacakan melalui perusahaan provider tersebut.

Mungkin mereka menganggap data tersebut masih dianggap sebagai sebuah privasi yang harus mereka jaga dan hanya dapat diakses oleh pihak yang berwenang saja.



Cara mencegah agar smartphone yang hilang tetap bisa dilacak

Untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan seperti smartphone yang hilang, baik dicuri ataupun karena lupa menaruh nya, WakDroid sangat menyarankan kepada sobat semua untuk mengikuti beberapa panduan diatas.

Agar sewaktu waktu smartphone sobat mengalami hal hal yang tidak diinginkan, setidaknya sobat masih mempunyai peluang untuk mendapatkannya kembali.



F.A.Q seputar cara melacak smartphone yang hilang

Untuk sobat WakDroid yang masih belum paham dengan beberapa tips yang sudah kami jabarkan diatas, alangkah lebih baiknya untuk membaca beberapa pertanyaan yang sering muncul seperti berikut ini.

Question : Bisa kah saya melacak smartphone yang hilang dalam keadaan mati?

Answer    : Tidak bisa, karena semua fitur tidak akan aktif ketika ponsel dalam keadaan non-aktif. Namun kita masih bisa mengatasinya dengan melihat riwayat lokasi dari smartphone tersebut menggunakan Google Maps.


Question : Bisa kah saya melacak smartphone yang hilang menggunakan nomor handphone?

Answer    : Belum bisa, meskipun cukup banyak beredar tutorial cara melacak smartphone menggunakan nomor hp, fakta nya data yang ditampilkan bukanlah lokasi real-time dari smartphone tersebut, melainkan data dimana nomor tersebut di aktifkan.


Question : Bisa kah saya melacak smartphone yang tidak terhubung dengan internet?

Answer    : Tidak bisa, semua fitur pelacakkan mengharuskan smartphone dalam kondisi tersambung ke internet, kecuali jika sobat bisa meminta bantuan perusahaan provider telekomunikasi untuk melacak smartphone tersebut menggunakan IMEI.


Question : Bisa kah saya melacak smartphone yang hilang jika sudah di factory reset?

Answer    : Untuk beberapa smartphone versi terbaru kemungkinan masih bisa, karena disana terdapat fitur FRP yang memungkinkan data akun Google tidak terhapus ketika dilakukan Factory Reset.


Question : Bisa kah saya melacak smartphone yang hilang jika nomor nya telah diganti?

Answer    : Bisa, biarpun nomor telepon sudah berganti, kita masih bisa melacaknya asal kan memenuhi beberapa syarat seperti : internet terhubung, fitur GPS aktif, ponsel dalam keadaan menyala, dan terhubung dengan akun Google.


Sekian tips yang dapat WakDroid berikan untuk sobat semua, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. 
Disqus Comments