Rabu, 22 Maret 2017

7 Fitur canggih tersembunyi pada ponsel Xiaomi yang wajib dicoba


WakDroid - Handphone Xiaomi ternyata mempunyai banyak sekali fitur canggih yang tersembunyi, banyak dari Mi Fans yang belum mengetahui fitur fitur canggih dari ponsel Xiaomi yang tentunya dapat meningkatkan kinerja ponsel Xiaomi sobat.

Namun sobat tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini kita akan membahas fitur-fitur tersebut secara merinci. Tentunya akan lebih baik apabila kita mengoptimalkan kinerja ponsel xiaomi menggunakan aplikasi bawaan dibandingkan jika harus menginstall aplikasi pihak ketiga.


Ada banyak sekali fitur canggih yang bisa kita manfaat kan agar performa handphone xiaomi kita bisa menjadi lebih maksimal.

Contohnya aplikasi RAM booster yang merupakan aplikasi bawaan dari ponsel xiaomi, dengan menggunakan aplikasi RAM booster ini tentunya kinerja RAM pada ponsel sobat akan menjadi lebih maksimal.

Karena aplikasi ini dapat menghapus file file cache yang cukup memakan ruang pada RAM handphone sobat.


Aplikasi RAM booster yang terdapat pada ponsel Xiaomi ini pun akan sangat terasa manfaatnya ketika sobat ingin memainkan game berukuran besar, sebaiknya sobat menjalankan aplikasi RAM booster yang sudah terpasang pada ponsel xiaomi sobat sebelum mulai memainkan game berukuran besar tersebut.
Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi game yang sobat mainkan menjadi macet alias lag.


Aplikasi RAM booster ini hanya salah satu fitur canggih yang dimiliki handphone Xiaomi. Masih ada banyak lagi fitur fitur keren yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan performa handphone Xiaomi kita. Nah apabila sobat sudah sangat penasaran dengan fitur mewah apa saja yang sudah terpasang pada handphone xiaomi ini, berikut ini penjelasan yang akan WakDroid berikan.



Fitur Canggih Yang Terdapat Pada Handphone Xiaomi

1. Fitur Dual Apps - Menggandakan aplikasi pada ponsel Xiaomi dengan mudah.


Fitur Dual Apps yang terdapat pada handphone Xiaomi ini bisa dibilang cukup istimewa, karena hanya beberapa produsen saja yang menyelipkan fitur dual apps seperti ini. Kebanyakan dari pengguna ponsel lain harus menginstall aplikasi pihak ketiga demi bisa merasakan fitur yang ditawarkan oleh aplikasi dual apps milik Xiaomi ini.

Cara kerja dari aplikasi dual apps ini yaitu sobat dapat menggandakan setiap aplikasi yang terdapat pada ponsel Xiaomi sobat. Maksudnya yaitu sobat dapat meng-cloning alias mengistall dua aplikasi dalam satu ponsel xiaomi sobat, misalkan saja sobat ingin menggandakan aplikasi Whatsapp yang terdapat pada ponsel sobat, sobat cukup tap aplikasi tersebut dan akan ada dua aplikasi whatsapp yang berjalan pada ponsel xiaomi kesayangan sobat.

Fitur dual apps ini sudah ter-include pada ROM MIUI 8, untuk sobat yang masih menggunakan ROM dibawah MIUI 8 sangat disayangkan karena sobat belum bisa merasakan fitur canggih pada handphone xiaomi yang satu ini. Namun bukan  berarti tidak ada solusi, karena setiap masalah pasti ada solusinya. Untuk sobat yang ingin merasakan fitur canggih tersebut, sobat bisa melakukan upgrade MIUI sobat ke MIUI 8 ataupun versi MIUI terbaru.

Cara mengaktifkan fitur dual apps pada handphone xiaomi :

1. Sobat cukup masuk ke menu Setting.
2. Pilih Menu Duall Apps.
3. Setelah itu silahkan sobat pilih aplikasi yang ingin digandakan.



2. Fitur Lite Mode - Menyederhanakan User Interface.



Untuk sobat yang belum mengetahui apa itu fitur lite mode, WakDroid akan memberikan sedikit penjelasan. Fitur Lite Mode pada handphone Xiaomi ini berfungsi untuk mengubah User Interface (tampilan) pada handphone xiaomi sobat agar lebih mudah diakses alias simpel alias sederhana. 

Baca juga : Banyak yang terjebak, begini cara mudah membedakan Xiaomi seri Redmi dan Mi

Untuk sobat yang sudah pernah mencicipi ponsel dengan sistem operasi Windows Phone pastinya sudah tidak akan asing dengan fitur yang satu ini. Karena fitur Lite Mode pada handphone Xiaomi ini memiliki fungsi yang sama seperti yang terdapat pada Windows Phone.

Fitur Lite Mode ini sangat cocok untuk sobat yang sangat senang dengan tampilan dan pengoperasian ponsel yang simpel. Dan tentunya fitur inipun akan sangat bermanfaat untuk orang orang yang baru pertama kali menggunakan ponsel berbasis Android, apalagi seperti yang kita ketahui pada ponsel Xiaomi ini sangat banyak yang dapat kita kostumisasi. 


Cara mengaktifkan fitur lite mode pada ponsel Xiaomi :

1. Silahkan sobat masuk ke menu Setting.
2. Setelah itu sobat pilih Lite Mode.
3. Silahkan sobat aktifkan fitur lite mode.
4. Tekan tombol OK, dan ponsel sobat pun akan mereboot secara otomatis dan akan langsung masuk ke User Interface (tampilan) versi Lite Mode.


Selain memiliki kelebihan yang dapat mempermudah penggunanya dalam mengoperasikan ponsel, masih ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh fitur lite mode ini. Diantaranya seperti yang ada dibawah ini.


Kelebihan fitur Lite Mode pada handphone Xiaomi : 

1. Meningkatkan performa ponsel Xiaomi sobat, hal ini dikarenakan ketika sobat menggunakan versi Lite Mode lebih sedikit mengkonsumsi RAM.
2. Menggunakan Icon berukuran besar dengan Metro UI Style.
3. Sobat bisa menonaktifkan Notification Bar.
4. Sobat bisa dengan mudah menyimpan banyak aplikasi ke dalam satu folder.



3. Fitur Mi Mover - Cukup dengan satu klik untuk mentransfer data.


Sobat tau aplikasi Share it? aplikasi yang sangat populer dikalangan pengguna android yang berguna untuk memudahkan ketika kita ingin bertukar data. Namun untuk sobat WakDroid yang menggunakan ponsel Xiaomi tentunya tidak memerlukan aplikasi android tersebut. Karena pada ponsel Xiaomi sudah 'tertanam' fitur yang fungsinya sama seperti aplikasi share it, yakni fitur Mi Mover.

Fitur Mi Mover ini tentunya memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan aplikasi Share It. Salah kelebihan dari fitur Mi Mover yaitu menggunakan User Interface atau tampilan yang lebih sederhana, pada fitur Mi Mover ini hanya terdapat dua pilihan, yakni sebagai sender (pengirim) atau sebagai receiver (penerima).

Meskpiun pada fitur ini hanya terdapat dua pilihan, namun sobat masih bisa bertukar data dengan orang lain yang juga menggunakan fitur Mi Mover pada ponsel Xiaomi ini. Untuk sobat yang ingin mencicipi fitur Mi Mover ini, sobat dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.


Cara menggunakan Fitur Mi Mover pada ponsel Xiaomi : 

1. Silahkan sobat masuk ke menu Setting.
2. Setelah itu sobat pilih Additional Setting.
3. Silahkan sobat scroll layar hingga ke posisi paling bawah.
4. Sobat akan menemukan fitur Mi Mover ini.



4. One Hand Mode - Mempermudah pengoperasian handphone.


Fitur One Hand Mode ini merupakan sebuah fitur yang dirancang dan disediakan untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan handphone meskipun hanya menggunakan satu tangan. Seperti yang kita ketaui, sekarang ini banyak sekali handphone handphone yang menggunakan layar yang berukuran besar. 

Tentu saja dengan ukuran layar yang besar akan membuat sebagian pengguna merasa kesulitan untuk mengoperasikannya. Tetapi tentunya hal tersebut sudah dipikirkan oleh para perancang ponsel Xiaomi, mereka pun menyelipkan fitur One Hand Mode ini ke produk ponsel nya. Dengan disediakannya fitur One Hand Mode ini tentunya diharapkan dapat memudahkan penggunanya dalam menjangkau setiap sisi layar ponselnya.


Cara mengaktifkan fitur One Hand Mode pada Handphone Xiaomi: 

1. Silahkan sobat masuk ke menu Setting.
2. Pilih Opsi One Hand Mode.
3. Terakhir, silahkan sobat sesuaikan ukurannya dengan yang sobat inginkan.


Cara menggunakan Fitur One Hand Mode pada Handphone Xiaomi:

1. silahkan sobat geser ke arah kanan ataupun kiri pada ketiga tombol yang berada di depan, yakni tombol recent app, tombol home dan juga tombol back. 
2. Dan secara otomatis layar handphone Xiaomi sobat pun akan mengecil, dengan ukuran layar yang lebih kecil tentunya akan memudahkan sobat.



5. Fitur Battery Saver - Menyimpan daya agar lebih tahan lama.


Pada era teknologi yang sudah semakin canggih seperti sekarang ini, tentunya sudah tidak asing lagi jika kita mendengar kata Battery Saver. Karena hampir sebagian besar smartphone android sudah dilengkapi dengan fitur yang satu ini. Namun kualitas fitur power saver ini akan berbeda beda pada setiap merk.

Baca juga : Performa ponsel Xiaomi mulai melambat? Cepat atasi dengan 4 cara sederhana ini agar kembali maksimal

Fitur Battery saver pada ponsel Xiaomi sendiri memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan fitur serupa yang terdapat pada ponsel ponsel lain. Kinerja fitur Battery Saver pada ponsel Xiaomi akan jauh lebih efektif karena Xiaomi telah bekerja sama dengan clean master, seperti yang kita ketahui bahwa clean master ini merupakan aplikasi yang dikenal sangat handal dalam mengatasi permasalahan seperti itu.

Selain dapat menghemat daya pada ponsel Xiaomi sobat agar lebih tahan lama, fitur Battery Saver ini pun memiliki beberapa fitur yang tidak kalah pentingnya, misalnya seperti fitur deep clean, clean cache, browsing history, dan masih banyak lagi.



6. Fitur Permission - Mengatur hak akses pada ponsel Xiaomi.


Fungsi dari Fitur Permission pada handphone Xiaomi yaitu untuk menjaga kemanan akses pada handphone sobat. Kata permission sendiri jika di artikan ke bahasa Indonesia memiliki arti IZIN, seperti namanya aplikasi ini akan mengatur izin untuk mengakses sesuatu, apakah diizinkan untuk berjalan pada handphone sobat ataupun tidak.

Masih banyak pengguna smartphone android yang belum paham dalam menggunakan fitur yang satu ini, padahal dengan aplikasi ini kita bisa lebih melindungi handphone kita, misalnya seperti mengizinkan sebuah aplikasi untuk berjalan di background atau tidak.


Cara mengaktifkan fitur Permission pada handphone Xiaomi :

1. SIlahkan sobat buka menu Security.
2. setelah itu silahkan sobat pilih auto start.
3. selanjutnya sobat ceklis aplikasi apa saja yang akan sobat beri akses unntuk dapat berjalan di bacnkground.
4. klik back, dan sobat pilih permission.
5. Dan yang terakhir silahkan sobat pilih aplikasi apa saja yang akan beri izin.



7. Second Space - Ruang kedua pada handphone Xiaomi.


Fitur Second Space ini sebenernya fungsinya hampir sama dengan fitur Dual Apps. Hanya saja pada fitur Second Space ini berfungsi untuk mengclonning atau membuat ruang lain dalam satu handphone dengan mode yang bisa sobat atur sedemikian rupa, pada fitur ruang kedua ini sobat bisa menampilkan hanya beberapa aplikasi saja sesuai dengan yang sobat inginkan, sedangkan fitur Dual Apps hanya berfungsi untuk menggandakan aplikasi.

Dengan mengaktifkan fitur second space ini sobat bisa menyembunyikan data data penting yang tentunya sangat dilarang untuk diakses oleh orang lain. Dengan fitur second space ini  tentunya akan sangat membantu untuk membantu sobat menjaga keamanan dan kerahasiaan data pribadi yang tersimpan pada ponsel sobat.


Cara mengaktifkan fitur Second Space pada ponsel Xiaomi : 

1. silahkan sobat masuk ke menu setting.
2. selanjutnnya sobat opsi cari second space/ruang kedua.
3. silahkan sobat klik creat second space.
4. Silahkan sobat kostumisasi sesuai dengan selera sobat.


Seperti itu lah kiranya 7 fitur canggih yang tersembunyi pada handphone Xiaomi yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Silahkan sobat bagikan artikel ini jika memang bermanfaat. Selamat mencoba!

Disqus Comments